Labels

Selasa, 29 Juli 2014

OPEN HOUSE - SUNGKEMAN ALA IDUL FITRI

OPEN HOUSE, sekilas istilah ini mungkin terasa asing bagi sebagian orang, karena kalimat ini memang berasal dari bahasa inggris. open yang berarti membuka dan house yang berarti rumah.
di Indonesia istilah open house sudah memasyarakat. ya, bagi kita umat muslim istilah tersebut sering mewakilkan kata silaturrahmi. hanya saja istilah open house sering dipakai untuk menyebutkan kegiatan yang dilakukan pejabat atau seorang tokoh pada saat hari raya untuk menerima dan menyampaikan ucapan selamat hari raya secara langsung. tapi bukan berarti masyarakat biasa tidak boleh menggunakan istilah tersebut.


open house dalam tradisi jawa juga sering di sebut istilah SUNGKEMAN.  apalagi pada moment-moment tertentu, seperti saat ini, perayaaan hari raya idul fitri 1435 H dan populer juga dengan istilah lebaran.Dimana kebanyakan orang berkunjaung dari satu rumah ke rumah yang lain, baik keluarga tetangga ataupun handaitolan. Tidak hanya ucapan maaf, beraneka hidangan seperti halnya ketupat dan makanan-makanan tradisional pun menjadi ciri khas lebaran.

Tapi sudahkah anda tahu ????
inti dari hari raya iidul fitri 1 Syawal adalah untuk saling mendo'akan meski tak bertatap muka atau berjabat tangan.

Selamat hari raya idul fitri 1 Syawal 1435 H. Ja'alallohu lie walakum minal 'aidin wal Faizin.
Amien......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar